Program Kemanusiaan Jum'at Bahagia untuk Keluarga Dhuafa di Ciparay Bandung

Program Kemanusiaan Jum'at Bahagia untuk Keluarga Dhuafa di Ciparay Bandung

ONECARE BANDUNG- Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membantu orang lain, baik itu keluarga, teman, atau orang lain disekitar tempat kita. Sebagai langkah awal, kita bisa melakukannya dengan sering bersosialisasi, serta menyerap masalah sosial dilingkungan sekitar hingga secara tidak langsung akan mengasah pula empati kita kepada sesama. 

Terus mengasah kepedulian terhadap sesama inilah yang akhirnya menginspirasi ONECARE, relawan VOICE Bandung (Volunteer of Indonesian Care) serta komunitas RHC (Real Humanity Care) untuk membuka kembali simpul-simpul empati terhadap fenomena-fenomena sosial dimasyarakat sekitar dengan program rutin kunjungan "Jum'at Bahagia untuk Keluarga Dhuafa"


Program yang berorientasi untuk memberikan bantuan paket SEMBAKO ini digulirkan seminggu sekali untuk menyerap realitas kondisi yang sebenarnya di masyarakat sekitar

Berawal dari laporan salah seorang relawan RHC di Ciparay tentang kondisi memprihatinkan yang dialami sebuah keluarga dengan rumah tinggal yang kurang layak, maka team VOICE dan komunitas RHC mengadakan kunjungan serta pemberian paket SEMBAKO.

Hasil dari kunjungan relawan ONECARE, VOICE dan komunitas RHC pada Jum'at sore (23/08/2019di Serang Mekar, Ciparay, didapatkan data bahwa keluarga tersebut menempati rumah tinggal yang sangat sederhana dengan alas rumah dari semen serta kondisi kamar yang sempit seperti layaknya gang. Rumah yang sangat sederhana ini dihuni oleh 7 anggota keluarga yaitu Ibu Siti, Ibu Rafiah, serta 5 orang anak dan cucunya.

Ibu Siti adalah anggota keluarga tertua di keluarga tersebut yang diperkirakan berumur lebih dari 100 tahun; suaminya sendiri sudah lama meninggal. Ibu Siti sebetulnya memiliki 4 anak, namun ketiga anaknya sudah meninggal dan hanya anak kedua, Ibu Rafiah lah yang masih bisa mengurus Ibu Siti. 

Dengan usia yang sudah tidak lagi muda dan tanpa suami, Ibu Rafiah yang berusia 78 tahun tersebut sampai saat ini masih mengurusi semua keperluan anggota keluarga dengan berjualan sayur di Pasar. Setiap hari, Ibu Rafiah berangkat ke pasar untuk berjualan sayur dari pukul 2 pagi sebagai ikhtiar usaha menjemput rezeki. 

Namun hasil berjualan sayur ibu Rafiah ternyata hanya bisa untuk memenuhi kebutuhan makan saja. Itupun dengan kondisi makan seadanya. Sedangkan untuk kebutuhan primer lain seperti kecukupan gizi dan pakaian yang layak, mampukah mereka memenuhinya? Jawabannya bisa kita tebak sendiri. 


Relawan bersama Ibu Siti dan Ibu Rafiah
Bantuan Sembako diterima oleh Ibu Rafiah
Relawan ONECARE & RHC bersama Ibu Rafiah

Sebagai bentuk kepedulian sosial kepada sesama, mari kita bersama-sama bersatu dan peduli untuk berikan SUMBANGSIH TERBAIK kita dengan menjadikan hidup mereka lebih layak. 

Dengan berdonasi paket SEMBAKO (Beras, Susu, Terigu, Gula, Minyak Goreng, Telor) senilai Rp 150.000., insha Allah kita sudah mampu memberikan kontribusi kemanusiaan kepada sesama.


Yuk, mari dukung gerakan #JumatBahagiaUntukKeluargaDhuafa ini dengan:
  • Klik tombol "DONASI VIA WHATSAPP"
  • Bisa juga transfer langsung ke Rekening One Care untuk Program SPIN (Bank Syariah Mandiri No Rek: 7111 878 999 an. Yayasan One Care)
  • Setelah Transfer, Donatur bisa konfirmasi via WA ke nomer: 081-221-03-6161

Tidak hanya dengan donasi, para Donatur pun bisa berbagi dengan memberikan paket makanan (bisa berupa beras, minyak goreng, susu atau semacamnya) ke kantor cabang ONECARE di Bandung.

Silahkan sebarkan halaman ini ke orang-orang terdekat Anda agar semakin banyak orang yang ikut membantu para Dhuafa disekeliling kita yang benar-benar masih membutuhkan.

Tidak ada komentar :